Paulus Yohanes Sumino

Magetan Punya Paulus Yohanes Sumino: Orang Jawa yang Mengabdi untuk Generasi Masa Depan Papua

Paulus Yohanes Sumino adalah pria Jawa yang membangun Papua melalui kaderisasi Kepemimpinan. Paulus Yohanes Sumino memasuki Papua pada tahun 1970 menyusul pamannya yang telah lebih dulu menjadi sukarelawan di sana. Belakangan, sang paman yang tadinya sukarelawan guru melihat peluang di Irian beralih profesi sebagai pengusaha.


Di pedalaman, Paulus Yohanes Sumino mengajar di sebuah SD milik misionaris. Sebagai aktifis gereja, Paulus Yohanes Sumino ikut membidani berdirinya sekolah dan asrama untuk menampung calon pemimpin masa depan Papua.

Pekerjaan Paulus Yohanes Sumino adalah untuk mendampingi pastur mengunjungi penduduk dari kampung ke kampung,  mengajari masyarakat bercocok tanam, masak–memasak hingga mengelola berbagai sumber daya untuk kemajuan desa..

Sebagai anggota DPD dari Papua, Paulus Yohanes Sumino dengan sangat berani memperjuangkan konstituen yang memilihnya.

Selama menduduki di lembaga tersebut, Paulus Yohanes Sumino merasa tidak terbebani oleh apapun dan tidak tunduk kepada siapapun.  Menurut Paulus Yohanes Sumino, berbeda jika kalau dirinya menjadi anggota DPR mewakili rakyat yang tersandera kepentingan partai pengusungnya.

Menurut Paulus Yohanes Sumino, kemajuan Papua sangat bergantung pada generasi muda dalam membangkitkan kembali nilai-nilai kebangsaan.  Maka dari itu, Paulus Yohanes Sumino, berharap kepada seluruh pihak untuk  jangan pernah menyerah membangun sumber daya pemuda di daerah demi masa depan Indonesia yang lebih cerah.

Tinggalkan komentar